Langsung ke konten utama

Mengenal clickbait dan peranan clickbait dalam suatu artikel


Masih tentang jaman digital dan media sosial, dimana setiap penggunanya dapat membagikan konten secara cepat, mudah, dan praktis, peranan judul konten atau headline pun tidak boleh dipandang remeh. Sebab headline atau judul konten dapat mempengaruhi cara berpikir pembacanya yang tidak kritis. Anda bisa membaca artikel tentang peranan pentingnya headline dalam sebuah artikel pada halaman ini.

Jika anda pernah mendengar sebuah istilah yang disebut clickbait, maka saya berasumsi bahwa anda bukanlah orang baru di internet. Clickbait merupakan sebuah konten / artikel provokatif atau sensasional yang sengaja diolah-alih untuk mendatangkan pengunjung ke suatu website.


Pernahkah anda melihat headline seperti diatas ?
Pernahkah anda melihat headline seperti dibawah ini ?
Dan anda akan menemukan bevariasi clickbait lainnya dengan mudah di internet. Intinya, clickbait akan mempengaruhi kondisi psikis pembacanya agar mereka penasaran dan membuka artikel tersebut. Contoh lainnya ialah seperti gambar dibawah ini :
Pernahkah anda (di internet) melihat sebuah gambar buram, dan ada lingkaran merah seakan memberi arahan kepada anda untuk berkonsentrasi / fokus di titik atau bagian tertentu dari sebuah gambar. Anda yang semakin penasaran semakin tergiur untuk membuka artikel tersebut, dan secara tidak sengaja meng-klik gambar.

Umumnya, clickbait mengandung unsur senyawa seperti dibawah ini :
  • Hiper-Lebay
  • Naratif, memiliki alur cerita.
  • Berlawanan dengan asumsi, keyakinan, dan kepercayaan pembaca.
  • Menguatkan asumsi, keyakinan, dan kepercayaan pembaca.
  • Membongkar rahasia.
  • Menggunakan Buzzword ajaib
  • Membuat pembaca merasa cerdas dan lebih tahu setelah membaca clickbait tersebut.
  • Jumlah share yang fantastis, namun tidak mempunyai esensi untuk jangka panjang.

Naratif, memiliki alur cerita :

Peduli apa soal apa yang terjadi selanjutnya, yang penting gambar clickbait mendapat click. Apakah artikel yang tampil bermanfaat, berkualitas atau tidak, itu urusan belakangan.


Menggunakan Buzzword ajaib dan membongkar rahasia


Gambar diatas merupakan clickbait paling sempurna di artikel ini. Menggunakan Buzzword "terkuak", gambar Cut Nyak Dien dicoret yang provokatif, serta headline yang seakan membongkar rahasia yang tersembunyi.


Membuat pembaca merasa cerdas dan lebih tahu setelah membaca clickbait tersebut

Gausah panjang lebar, netizen udah pada tau kok :))


Dan masih banyak lagi judul clickbait lainnya yang telah beredar di internet. Beberapa orang meyakini bahwa tipe headline yang sedang dibahas di artikel ini, mampu menarik pengunjung lebih banyak dibanding judul yang biasa. 

Saya bisa mengubah judul artikel ini dari semula : 

Mengenal clickbait dan peranan clickbait dalam suatu artikel

Menjadi

Tips dan trik membuat judul artikel yang cetar membahana

Tapi ya toh percuma, kalau isinya nggak sesuai dengan yang judulnya gambarkan. 

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak.


1. Menggunakan aplikasi Line messenger

Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah

Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya.

Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger.

2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger


Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message.

Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti gambar dibawah :

Sebelumny…

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~
Instagram ~
Instagram all the way~


Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian.

Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post.

Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari.Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post.

Mengapa top post begitu pent…

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.
Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with TwitterTentukan keyword dan query pada twitterKonfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.
Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pad…