Masih tentang jaman digital dan media sosial, dimana setiap penggunanya dapat membagikan konten secara cepat, mudah, dan praktis, peranan judul konten atau headline pun tidak boleh dipandang remeh. Sebab headline atau judul konten dapat mempengaruhi cara berpikir pembacanya
Jika anda pernah mendengar sebuah istilah yang disebut clickbait, maka saya berasumsi bahwa anda bukanlah orang baru di internet. Clickbait merupakan sebuah konten / artikel provokatif atau sensasional yang sengaja diolah-alih untuk mendatangkan pengunjung ke suatu website.
Pernahkah anda melihat headline seperti diatas ?
Pernahkah anda melihat headline seperti dibawah ini ?
Dan anda akan menemukan bevariasi clickbait lainnya dengan mudah di internet. Intinya, clickbait akan mempengaruhi kondisi psikis pembacanya agar mereka penasaran dan membuka artikel tersebut. Contoh lainnya ialah seperti gambar dibawah ini :
Pernahkah anda (di internet) melihat sebuah gambar buram, dan ada lingkaran merah seakan memberi arahan kepada anda untuk berkonsentrasi / fokus di titik atau bagian tertentu dari sebuah gambar. Anda yang semakin penasaran semakin tergiur untuk membuka artikel tersebut, dan secara tidak sengaja meng-klik gambar.
Umumnya, clickbait mengandung unsur senyawa seperti dibawah ini :
- Hiper-Lebay
- Naratif, memiliki alur cerita.
- Berlawanan dengan asumsi, keyakinan, dan kepercayaan pembaca.
- Menguatkan asumsi, keyakinan, dan kepercayaan pembaca.
- Membongkar rahasia.
- Menggunakan Buzzword ajaib
- Membuat pembaca merasa cerdas dan lebih tahu setelah membaca clickbait tersebut.
- Jumlah share yang fantastis, namun tidak mempunyai esensi untuk jangka panjang.
Naratif, memiliki alur cerita :
Peduli apa soal apa yang terjadi selanjutnya, yang penting gambar clickbait mendapat click. Apakah artikel yang tampil bermanfaat, berkualitas atau tidak, itu urusan belakangan.
Menggunakan Buzzword ajaib dan membongkar rahasia
Gambar diatas merupakan clickbait paling sempurna di artikel ini. Menggunakan Buzzword "terkuak", gambar Cut Nyak Dien dicoret yang provokatif, serta headline yang seakan membongkar rahasia yang tersembunyi.
Membuat pembaca merasa cerdas dan lebih tahu setelah membaca clickbait tersebut
Gausah panjang lebar, netizen udah pada tau kok :))
Dan masih banyak lagi judul clickbait lainnya yang telah beredar di internet. Beberapa orang meyakini bahwa tipe headline yang sedang dibahas di artikel ini, mampu menarik pengunjung lebih banyak dibanding judul yang biasa.
Saya bisa mengubah judul artikel ini dari semula :
Mengenal clickbait dan peranan clickbait dalam suatu artikel
Menjadi
Tips dan trik membuat judul artikel yang cetar membahana
Tapi ya toh percuma, kalau isinya nggak sesuai dengan yang judulnya gambarkan.
Selamat mencoba,
Komentar
Posting Komentar
Berikan komentar :