LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang berfokus
pada penampilan profil pribadi maupun perusahaan. Tujuannya agar kedua pihak
tersebut bisa berhubungan bisnis secara profesional, dalam lingkup bisnis
maupun perekrutan karyawan. Media sosial yang telah berdiri sejak tahun 2002
ini banyak berperan dalam mempromosikan sebuah bisnis, baik produk maupun jasa.
Sebuah produk atau jasa memang selalu membutuhkan pemasaran
yang baik demi kelangsungan bisnis tersebut. Salah satu cara untuk melakukan
pemasaran ialah dengan memanfaatkan media sosial. LinkedIn merupakan media
sosial yang cocok untuk menjalankan misi tersebut. Selain bisa memperkenalkan
sebuah bisnis, LinkedIn juga dapat meningkatkan personal branding agar kualitas brand meningkat. Selain itu,
LinkedIn juga berguna untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sekaligus
menjaga hubungan baik dengan konsumen.
Lalu bagaimana caranya agar LinkedIn bisa bekerja secara
maksimal demi pengembangan sebuah bisnis? Berikut ini merupakan beberapa tips
memaksimalkan penggunaan LinkedIn untuk memajukan bisnis.
1. Mengisi profil dan halaman dengan lengkap
Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah kelengkapan profil
bisnis tersebut di LinkedIn. Kelengkapan data memang bisa membuat calon
konsumen dan investor menjadi lebih yakin. Anda harus bisa memisahkan antara
profil pribadi dengan profil perusahaan agar terlihat profesional. Kelengkapan
profil yang harus ada antara lain nama akun, alamat atau lokasi usaha,
deskripsi, foto, detail produk, proyek yang sedang dijalankan, hingga
penawaran-penawaran menarik. Profil yang lengkap akan menjadi branding yang bagus bagi sebuah bisnis.
Tak hanya itu saja, jika profil LinkedIn lengkap, maka mesin pencari akan lebih
mudah mencari.
Selain melengkapi profil, Anda juga harus melengkapi halaman
perusahaan. Tujuannya agar visibiltas bisnis menjadi meningkat. Anda bisa
melengkapi halaman dengan logo dan foto sampul. Ada beberapa fitur yang bisa
Anda manfaatkan untuk mendapatkan audiens
yang sesuai dengan bisnis Anda, yaitu Targeted Updates dan Follower
Insights.
2. Rajin memperbaharui portfolio
Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh pengguna LinkedIn
bisa diketahui oleh akun lain, baik melalui notifikasi maupun aktivitas di
beranda. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan cara rajin melakukan pembaharuan
pada portfolio. Tentu hal ini bisa memancing pengguna lain untuk mengetahui apa
saja aktivitas terbaru bisnis Anda.
3. Menjalin relasi yang luas
Anda harus menjalin relasi yang luas agar bisa memperkenalkan
bisnis Anda secara lebih luas lagi. Anda bisa mencari rekomendasi siapa saja
orang asing yang tidak Anda kenal, namun berpotensi bagi bisnis Anda. Cobalah
untuk mencari rekomendasi ini kepada rekan-rekan Anda. Setelah itu, jalin
komunikasi yang baik agar bisa tercipta hubungan yang saling menguntungkan.
4. Bergabung pada grup
Cara lainnya ialah dengan bergabung pada grup yang
beranggotakan orang-orang yang sesuai dengan kepentingan bisnis Anda. Cari grup
dengan orang-orang yang berpotensi baik untuk bisnis Anda. Klien dan pelanggan potensial dengan mudah
dapat menemukan Anda melalui grup. Setelah itu, mereka tidak ragu untuk
menghubungi Anda secara langsung.
5. Rajin membagikan informasi berguna
Linkedin merupakan sarana tepat untuk menggali inspirasi bisnis
untuk pengguna lainnya. Anda bisa memberikan informasi berguna maupun
menginspirasi bagi pengguna lain. Tentu hal ini akan membuat mereka semakin
tertarik dengan bisnis Anda. Tidak hanya itu saja, identitas bisnis Anda pun
akan semakin kuat.
Itu tadi beberapa cara untuk memaksimalkan sebuah bisnis
menggunakan LinkedIn. Kini LinkedIn tidak hanya bermanfaat bagi para pekerja
yang menginginkan karir gemilang saja. Dengan menggunakan Linkedin, bisnis anda
juga akan semakin siap berkembang.
Selamat mencoba,
Selamat mencoba,
Komentar
Posting Komentar
Berikan komentar :