Langsung ke konten utama

5 Tips Memaksimalkan LinkedIn untuk Meledakkan Bisnis

LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang berfokus pada penampilan profil pribadi maupun perusahaan. Tujuannya agar kedua pihak tersebut bisa berhubungan bisnis secara profesional, dalam lingkup bisnis maupun perekrutan karyawan. Media sosial yang telah berdiri sejak tahun 2002 ini banyak berperan dalam mempromosikan sebuah bisnis, baik produk maupun jasa.



Sebuah produk atau jasa memang selalu membutuhkan pemasaran yang baik demi kelangsungan bisnis tersebut. Salah satu cara untuk melakukan pemasaran ialah dengan memanfaatkan media sosial. LinkedIn merupakan media sosial yang cocok untuk menjalankan misi tersebut. Selain bisa memperkenalkan sebuah bisnis, LinkedIn juga dapat meningkatkan personal branding agar kualitas brand meningkat. Selain itu, LinkedIn juga berguna untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sekaligus menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Lalu bagaimana caranya agar LinkedIn bisa bekerja secara maksimal demi pengembangan sebuah bisnis? Berikut ini merupakan beberapa tips memaksimalkan penggunaan LinkedIn untuk memajukan bisnis.


1. Mengisi profil dan halaman dengan lengkap

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah kelengkapan profil bisnis tersebut di LinkedIn. Kelengkapan data memang bisa membuat calon konsumen dan investor menjadi lebih yakin. Anda harus bisa memisahkan antara profil pribadi dengan profil perusahaan agar terlihat profesional. Kelengkapan profil yang harus ada antara lain nama akun, alamat atau lokasi usaha, deskripsi, foto, detail produk, proyek yang sedang dijalankan, hingga penawaran-penawaran menarik. Profil yang lengkap akan menjadi branding yang bagus bagi sebuah bisnis. Tak hanya itu saja, jika profil LinkedIn lengkap, maka mesin pencari akan lebih mudah mencari.

Selain melengkapi profil, Anda juga harus melengkapi halaman perusahaan. Tujuannya agar visibiltas bisnis menjadi meningkat. Anda bisa melengkapi halaman dengan logo dan foto sampul. Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan audiens yang sesuai dengan bisnis Anda, yaitu Targeted Updates dan Follower Insights.

2. Rajin memperbaharui portfolio

Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh pengguna LinkedIn bisa diketahui oleh akun lain, baik melalui notifikasi maupun aktivitas di beranda. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan cara rajin melakukan pembaharuan pada portfolio. Tentu hal ini bisa memancing pengguna lain untuk mengetahui apa saja aktivitas terbaru bisnis Anda.

3. Menjalin relasi yang luas

Anda harus menjalin relasi yang luas agar bisa memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas lagi. Anda bisa mencari rekomendasi siapa saja orang asing yang tidak Anda kenal, namun berpotensi bagi bisnis Anda. Cobalah untuk mencari rekomendasi ini kepada rekan-rekan Anda. Setelah itu, jalin komunikasi yang baik agar bisa tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

4. Bergabung pada grup

Cara lainnya ialah dengan bergabung pada grup yang beranggotakan orang-orang yang sesuai dengan kepentingan bisnis Anda. Cari grup dengan orang-orang yang berpotensi baik untuk bisnis Anda.  Klien dan pelanggan potensial dengan mudah dapat menemukan Anda melalui grup. Setelah itu, mereka tidak ragu untuk menghubungi Anda secara langsung.

5. Rajin membagikan informasi berguna

Linkedin merupakan sarana tepat untuk menggali inspirasi bisnis untuk pengguna lainnya. Anda bisa memberikan informasi berguna maupun menginspirasi bagi pengguna lain. Tentu hal ini akan membuat mereka semakin tertarik dengan bisnis Anda. Tidak hanya itu saja, identitas bisnis Anda pun akan semakin kuat.


Itu tadi beberapa cara untuk memaksimalkan sebuah bisnis menggunakan LinkedIn. Kini LinkedIn tidak hanya bermanfaat bagi para pekerja yang menginginkan karir gemilang saja. Dengan menggunakan Linkedin, bisnis anda juga akan semakin siap berkembang.

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak.


1. Menggunakan aplikasi Line messenger

Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah

Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya.

Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger.

2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger


Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message.

Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti gambar dibawah :

Sebelumny…

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~
Instagram ~
Instagram all the way~


Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian.

Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post.

Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari.Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post.

Mengapa top post begitu pent…

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.
Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with TwitterTentukan keyword dan query pada twitterKonfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.
Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pad…