Demi kemajuan sebuah bisnis memang diperlukan strategi jitu untuk
promosi. Salah satu cara yang banyak digunakan ialah melakukan campaign di
media sosial. Saat melakukan campaign, tentu Anda harus bisa mengawasi
berkembangnya campaign tersebut. Apakah campaign tersebut berhasil, lalu apakah
orang-orang bisa merespon dengan baik sesuai target, dan masih banyak lainnya.
Ada beberapa tools atau
layanan yang dapat membantu Anda memonitor campaign tersebut, seperti Hubspot,
Radian6, atau Hootsuite Campaigns. Namun sayangnya kebanyakan layanan sejenis
ini berbayar, bahkan bisa dibilang cukup mahal. Anda bisa menggunakan cara-cara
lain untuk memonitor campaign media sosial secara gratis. Berikut ini merupakan
beberapa cara yang bisa dilakukan.
Bitly
Pernah mendengar Bitly? Bitly merupakan layanan yang berfungsi memperpendek link dengan fungsi analitik yang mudah dipakai. Hanya tinggal menuliskan link yang ingin disingkat kemudian klik tombol pemendek, link pendek pun siap digunakan. Keunggulan dari layanan ini ialah layanan statistiknya terupdate secara real-time. Saat link tersebut diklik pengunjung, maka informasi geografis dan situs referensi pengunjung tersebut akan tersimpan. Anda dapat melihat seluruh link yang tersimpan. Apabila Anda ingin memonitor sebuah campaign, cukup copy paste link yang telah diperpendek tadi di bar, lalu tambahkan ‘+’ di belakangnya. Bitly menawarkan cara yang sangat sederhana, namun cara ini cukup handal untuk memeriksa bagaimana performa link Anda.SocialMention
Tidak seperti kebanyakan tools lainnya, layanan yang satu
ini tidak memerlukan proses daftar atau harus menghubungkan akun media sosial
terlebih dahulu. SocialMention menawarkan layanan khusus dibuat untuk mengukur
kata kunci dan tagar. Saat Anda memasukkan kata kunci atau tagar yang
diinginkan, maka SocialMention akan menghasilkan laporan yang lengkap dan
update meliputi seluruhnya, seperti seluruh postingan di media sosial yang
mengandung kata kunci tersebut.
SumAll
Berbeda dengan tools lainnya, SumAll menyajikan data dalam
bentuk visual. Walaupun proses pengambilan data terbilang agak lama, namun Anda
bisa mendapatkan hampir seluruh data dari akun-akun media sosial ke dalam
aplikasi ini. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat data di SumAll
ialah dengan menggunakan tampilan chart yang bisa memilih periode waktu serta
membuat grafik angka dari faktor-faktor yang sudah ada. Dengan memakai tools
ini, maka Anda dapat membandingkan beberapa metrik pada akun, momentum
campaign, maupun tagar aktivitas.
UTM Parameters dan Google Analytics
Mungkin selama ini Anda sudah sering mendengar tentang
Google Analytics. Apabila Anda ingin mendapatkan banyak informasi pada klink
yang telah dibuat, maka Anda bisa melihatnya dengan UTM Parameters dan Google
Analytics. Layanan Google yang satu ini memang cukup baik performanya, salah
satunya untuk memonitoring sebuah website. Sebelum menggunakannya, tentu Anda
harus memiliki akun di Google terlebih dahulu. Google Analytics Campaigns dapat
menambahkan metadata yang disebut ‘UTM Paramaters’ pada setiap link. Penambahan
ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan tools seperti Google’s
URL Builder yang membuatkan link untuk Anda setelah mengisikan metadata
yang ingin Anda simpan didalamnya. Setelah link jadi, Anda bisa membuat link
tersebut menjadi pendek dengan memakai goo.gl (milik Google) atau bit.ly.
Setelah link tersebut dipakai, maka Anda bisa menggunakan
akun Google Analytics untuk bisa melihat seberapa banyak link-link tersebut
diklik. Pada tab Campaigns di akun Google Analytics, Anda bisa mulai menyortir
berdasarkan metadata yang diterapkan pada link-link Anda.
Anda bisa menggunakan metadata untuk membedakan dan
membandingkan trafik yang datang dari Facebook, Twitter, LinkedIn, atau forum. Anda
juga bisa memanfaatkan kekuatan penuh dari Google Analytics dan melacak
bagaimana orang-orang menjelajahi situs Anda. Bagaimana cara mereka meninggalkan
jejak page views, lamanya tinggal di situs, dan lain sebagainya. Akun Google
Analytics yang di implementasikan dengan proper akan dapat menghasilkan data
yang banyak.
Itu tadi beberapa tools dan cara untuk memonitor campain
pada media sosial secara gratis. Jika Anda melakukan secara real-time cara-cara
di atas. Dengan memonitor, maka Anda akan mengetahui apakah strategi campaign
tersebut sudah berhasil atau sebaliknya. Ada banyak pilihan untuk bisa tetap
memonitor campaign media sosial Anda. Tergantung Anda mau memilih memanfaatkan
tools gratis atau berbayar.
Belum ngerti nih yang pake UTM Parameter. Terima kasih telah berbagi ilmu, jangan lupa kunjungi blog.paybill.id
BalasHapusKalau kakak pernah menggunakan twitterfeed, pada saat konfigurasi, kakak dapat menentukan UTM sesuai keinginan kak.
Hapusterima kasih sudah mampir kak