Langsung ke konten utama

Gunakan Cara-cara Ini Agar E-mail Marketing Semakin Efektif

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis tidak pernah bisa lepas dari marketing maupun pemasaran. Bahkan marketing merupakan salah satu tonggak berdirinya perusahaan. Tanpa perencanaan marketing yang baik, maka perusahaan atau bisnis tersebut bisa bangkrut. Di era modern seperti sekarang ini, memasarkan suatu produk atau jasa lebih mudah. Ada berbagai macam tools yang bisa digunakan, seperti media sosial dan e-mail marketing.


Fungsi e-mail memang telah berkembang. Jika dulu hanya digunakan untuk mengirim dan menerima file-file, kini e-mail juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. E-mail marketing dikatakan sebagai salah satu sarana efektif untuk menarik pelanggan. Namun perlu dipahami bahwa mengirimkan e-mail marketing yang baik dan mampu menarik pelanggan memang bukan perkara mudah. Berikut ini merupakan beberapa trik untuk menulis e-mail marketing secara efektif.

1. Buat e-mail marketing yang menarik dan dapat mengundang pelanggan

Dua hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu menarik dan mengundang. Maksudnya, e-mail marketing yang Anda buat sebisa mungkin harus menarik. Sehingga pelanggan pun tertarik dan merasa terundang untuk mencoba maupun membeli produk atau jasa tersebut.

 

Anda bisa membayangkan, jika Anda menerima e-mail yang isinya tidak menarik secara terus menerus, apakah Anda akan tertarik untuk membeli? Parahnya lagi, mungkin untuk mengunjungi website sang penjual saja, Anda sudah malas. E-mail marketing yang tidak menarik bisa membuat konsumen cepat merasa bosan.

2. Isi harus padat dan jelas

E-mail marketing yang baik tidak perlu berisi kalimat yang intinya cuma basa-basi saja. Pelanggan hanya akan menolak membaca e-mail tersebut jika isinya bertele-tele. Mereka lebih suka dengan e-mail marketing yang langsung ke topik tujuan, lebih tepatnya padat dan jelas.


Namun Anda juga harus tetap memerhatikan pemilihan kata-kata di dalam e-mail tersebut. Pilihlah kata-kata yang enak untuk dibaca. Kemudian jangan terlalu sering menggunakan kata atau kalimat formal agar pelanggan tidak merasa bosan ketika membaca. Gunakan bahasa yang santai, namun tetap harus memerhatikan etika yang santun untuk dipublikasikan.
3. Berusaha memahami pelanggan

Tips terakhir untuk membuat e-mail marketing yang efektif ialah dengan cara berusaha memahami pelanggan. Sebaiknya Anda mendekat dan mengenali kriteria pelanggan Anda. Anda bisa mencoba untuk mengirimkan e-mail yang menanyakan kabar mereka, namun bisa juga memberikan salam sambil menyebutkan nama pelanggan. 



Beberapa startup dan e-commerece malah ada yang membuat e-mail ucapan selamat ulang tahun kepada mereka. Tentu hal ini akan mendapat respon yang positif karena pelanggan merasa lebih spesial dan dekat dengan Anda. Setelah mereka merasa dekat dengan e-mail tersebut, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan meneruskan langkah follow up kepada pelanggan. 

Walaupun e-mail Anda belum mendapatkan respon dari mereka, Anda bisa mencoba melakukan follow up agar citra bisnis bisa meningkat.

Solusinya, Anda bisa menggunakan kata-kata atau gambar yang kemungkinan bisa menarik mereka untuk membaca, kemudian melakukan transaksi pembelian. Kalimat-kalimat persuasif juga diperlukan di dalam e-mail marketing. Biasanya memakai kalimat yang bersifat mengundang dapat memberikan respon positif dari para pelanggan.


Beberapa cara di atas bisa Anda coba terapkan ketika mengirimkan e-mail marketing kepada pelanggan Anda. Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda dalam menggaet pelanggan melalui e-mail marketing. Anda juga harus selalu update mengenai hal-hal yang sedang marak terjadi. Hal ini bisa menjadi poin-poin penting bagi penawaran Anda nantinya.

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial. Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam . Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet  secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet  secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter Tentukan keyword dan query pada twitter Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan. Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun deng

Alasan kuat mengapa HRD harus bekerjasama dengan dunia digital

Dunia konvensional sudah bertransformasi menjadi dunia digital. Ketika beberapa tahun silam, saya masih ingat membuat email pertama saya menggunakan Yahoo, dan dengan sombong mengajari teman - teman lainnya untuk menggunakan friendster, bermain dengan HTML dan CSS serta MySpace dan Reverbnation. Kini semuanya berubah. Kehadiran Smartphone dengan sistem operasi Android yang didukung oleh raksasa Google, membuat semuanya berubah. Saya ingat pertama kali ayah saya menggunakan fasilitas 3G untuk melakukan Video Call secara realtime, ia pun dadah-dadah di  hadapan kamera depan Nokia 6680. Kemudian ia pun berceloteh Ini aneh, kita bakal nemuin banyak orang ngomong sendiri di depan handphone. Di dunia digital seperti sekarang, Video Call bisa dilakukan dengan mudah. Melakukan transmisi data berupa teks, audio ( voice message ), dan video ( video call, conference call ) serta berkirim-menerima file bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan di era digital seperti sekarang. Baik t