Langsung ke konten utama

Broadcast seluruh kontenmu ke jagat raya media sosial dengan mudah

Era digital merupakan sebuah jaman dimana seluruh informasi dapat beredar secara cepat dan luas kepada publik. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Tumblr, Youtube, Snapchat, dan lain sebagainya, dapat diakses secara mudah oleh publik.

Ditambah lagi dengan adanya integrasi layanan terkait seperti Facebook ke Twitter, memudahkan penggunanya melakukan automasi konten. Saya menyebutnya Social Media Automation.

Keuntungan dengan menerapkan Social Media Automation ialah dengan mengurangi peranan manusia dalam mendistribusikan konten yang telah dibuat. Kelebihan lainnya ialah Social Media Automation bekerja secara realtime. Jika anda membuat konten pukul 03.00 pagi, maka pada waktu itu pula Social Media Automation akan bekerja mendistribusikan konten anda. Dan tak lupa pula, keuntungan yang paling terasa manfaatnya ialah anda dapat menggunakan layanan ini secara GRATIS !

Memperkenalkan IFTTT, sebuah layanan yang dapat anda gunakan untuk melakukan broadcast ke seluruh jagat raya media sosial dengan mudah.

Sebagai contoh, saya telah membuat beberapa layanan yang saya perlukan dalam IFTTT
Pada resep (recipe, istilah untuk formula dalam IFTTT) diatas, saya telah membuat automasi untuk setiap foto atau video terbaru pada instagram @nadaberkat, maka foto atau video tersebut akan langsung terposting di facebook. Sehingga anda tidak perlu repot - repot untuk mendistribusikan konten anda.

Anda pun dapat mengombinasikan resep dalam IFTTT, seperti auto share pada facebook, twitter dan linkedin setiap anda melakukan posting foto atau video terbaru di Instagram. 

Ingin yang lebih kompleks ? mungkin anda dapat melakukan auto share pada facebook, facebook page, twitter dan linkedin untuk setiap artikel terbaru pada halaman blogger anda. Menarik bukan ? 

Adapun layanan yang telah didukung oleh IFTTT, seperti dibawah ini :

Anda hanya perlu mengunjungi ifttt.com dan mulai membuat resep yang anda inginkan. Jika anda belum mempunyai akun ifttt, maka anda dapat melakukan signup.
Setelah melakukan signup, anda dapat masuk ke dalam dashboard dan mulai membuat resep otomasi yang anda butuhkan.

Tutorial membuat resep IFTTT:
Untuk tutorial membuat resep tidak saya publish disini, mengingat prosesnya begitu mudah dan UI nya pun user friendly. Namun jika teman - teman ingin saya membuatkan artikel tentang cara membuat resep IFTTT, silakan posting di komentar yah hehehe
Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial. Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam . Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet  secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet  secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter Tentukan keyword dan query pada twitter Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan. Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun deng

Alasan kuat mengapa HRD harus bekerjasama dengan dunia digital

Dunia konvensional sudah bertransformasi menjadi dunia digital. Ketika beberapa tahun silam, saya masih ingat membuat email pertama saya menggunakan Yahoo, dan dengan sombong mengajari teman - teman lainnya untuk menggunakan friendster, bermain dengan HTML dan CSS serta MySpace dan Reverbnation. Kini semuanya berubah. Kehadiran Smartphone dengan sistem operasi Android yang didukung oleh raksasa Google, membuat semuanya berubah. Saya ingat pertama kali ayah saya menggunakan fasilitas 3G untuk melakukan Video Call secara realtime, ia pun dadah-dadah di  hadapan kamera depan Nokia 6680. Kemudian ia pun berceloteh Ini aneh, kita bakal nemuin banyak orang ngomong sendiri di depan handphone. Di dunia digital seperti sekarang, Video Call bisa dilakukan dengan mudah. Melakukan transmisi data berupa teks, audio ( voice message ), dan video ( video call, conference call ) serta berkirim-menerima file bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan di era digital seperti sekarang. Baik t