Pertumbuhan teknologi yang begitu pesat membuat internet dan
media sosial seakan tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kini setiap
lembaga, instansi, perusahaan, bisnis, maupun brand memanfaatkan media sosial
sebagai wadah dalam berkomunikasi maupun promosi.
Media sosial memang menjadi sarana yang efektif untuk menjaring lebih banyak konsumen atau massa. Hal ini menyebabkan fenomena-fenomena baru pun bermunculan. Salah satu fenomena baru pada dunia digital ialah munculnya beragam profesi anyar yang berkaitan dengan media sosial.
Media sosial memang menjadi sarana yang efektif untuk menjaring lebih banyak konsumen atau massa. Hal ini menyebabkan fenomena-fenomena baru pun bermunculan. Salah satu fenomena baru pada dunia digital ialah munculnya beragam profesi anyar yang berkaitan dengan media sosial.
Salah satu profesi yang berhubungan dengan media sosial
ialah admin media sosial. Profesi ini memiliki istilah lain bernama Social
Media Specialist atau Social Media Marketer. Lalu apa saja tugas dari admin
media sosial ini? Mereka merupakan orang yang bertanggungjawab terhadap
performa media sosial yang ditangani, baik media sosial milik perusahaan,
lembaga, instansi, organisasi, maupun brand. Tidak hanya meningkatkan performa
saja, namun admin media sosial juga memiliki tanggung jawab mendongkrak nilai
jual perusahaan di mata para pengguna media sosial. Bagi Anda yang ingin
menjadi admin media sosial,
Sebaiknya perhatikan beberapa tips suskes menjadi seorang admin media sosial berikut ini :
Sebaiknya perhatikan beberapa tips suskes menjadi seorang admin media sosial berikut ini :
Mengenali profil perusahaan atau lembaga
Sebelum melaksanakan tugas sebagai admin media sosial, Anda
harus mengenali dengan baik perusahaan atau lembaga yang akan Anda kelola media
sosialnya. Beberapa hal yang penting diperhatikan antara lain profil perusahaan
atau lembaga tersebut secara umum, struktur perusahaan atau lembaga, hingga visi
misi. Semuanya harus dipahami secara mendalam. Jika Anda memahami hal-hal ini,
maka Anda akan lebih mudah mengembangkan konten-konten apa saja yang akan
diposting.
Memahami produk yang dijual
Apabila Anda menangani media sosial milik perusahaan,
sebaiknya pahami produk yang mereka jual. Sebagai seorang admin media sosial,
Anda harus mengenal seluk beluk produk tersebut. Apabila Anda memahami produk
secara mendalam, maka Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk
mendongkrak penjualan dan omzet.
Mengetahui target market perusahaan
Setelah mempelajari perusahaan dan produk dengan baik, Anda
harus mempelajari target pasar dari produk tersebut. Dengan memahami target
pasar, maka Anda harus bisa menyesuaikan diri saat berinteraksi maupun
berkomunasi dengan para konsumen yang ada di media sosial.
Mampu menciptakan sapaan unik bagi followers
Agar bisa menciptakan komunikasi dan interaksi yang baik
dengan para followers, Anda harus bisa membuat mereka dekat dengan perusahaan
Anda. Salah satu caranya dengan membuat sapaan yang unik dan khas kepada para
followers. Cara ini biasanya mampu mendekatkan perusahaan atau lembaga dengan
para audience-nya melalui media
sosial.
Beberapa tips di atas harus Anda terapkan jika ingin menjadi
admin media sosial yang sukses. Hal yang perlu Anda ingat, jangan pernah
mencampuradukkan kepentingan pekerjaan dengan kepentingan diri sendiri. Anda
harus bisa bersikap profesional dengan profesi yang Anda geluti. Prioritaskan
media sosial milik perusahaan atau instansi yang memperkerjakan Anda.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting lainnya seperti :
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting lainnya seperti :
- Jangan pernah menjaring follower yang fake. Hal ini akan percuma karena tidak akan bisa menaikkan interaksi maupun target penjualan.
- Jangan memposting konten yang membosankan. Coba buat postingan yang menarik dan berbeda setiap harinya.
- Anda harus berhati-hati saat memposting. Jangan sampai salah menggunakan akun lain, bahkan salah posting. Tentu hal ini bisa mempertaruhkan nama baik perusahaan atau lembaga pemilik media sosial tersebut.
Ini termasuk profesi yang seru. Tapi kadang ada orang yang sulit untuk mempertahankan moodnya untuk 7 x 24 jam menghandle suatu account brand. Adakah cara untuk mensiasatinya?
BalasHapusmungkin cara ini dapat membantu :
Hapussaya menghandle sebuah account brand (fanbase / non corporate) bertemakan game. kebetulan saya juga suka game, lalu saya membuat konten yang berhubungan dengan game tersebut. baik meme, ataupun informasi, atau ide atau gagasan terkait pengembangan tersebut.
terima kasih sudah mampir kak