Langsung ke konten utama

Tips mendayagunakan game Pokemon Go sebagai media promosi bisnis


Pokemon GO sedang ramai dibicarakan di Twitter. Dengan menggunakan tweetdeck, Saya telah memantau beberapa keyword seperti "Pokemon GO" dan "#PokemonGO" dalam waktu 3 hari belakangan ini, dan saya pun menemukan hasil yang mengejutkan.

*Saya belum mempunyai tools bagaimana menghitung Tweet per second terhadap satu atau beberapa keyword. Yang jelas, pencarian tweet berdasarkan keyword yang saya tentukan hampir mencapai 1 tweet per detik. (again, this is my personal assumption, if you ever know any tools to calculate how many tweet posted per second, please don't hesitate to contact me through email.)

Sederhananya, saya membuat akun twitter @pokegoindonesia dan mendapat 300 follower dalam waktu 3 hari. Bervariasi pertanyaan, komentar, opini ditujukan kepada akun saya. Berdasarkan interaksi ini, saya memutuskan bahwa :

Antusias gamer Indonesia terhadap game Pokemon GO masih tinggi.

Tapi yang namanya bisnis, selalu diukur oleh uang, sehingga

Buat apa antusias sebanyak ini kalo ga bisa jadi duit ?!

Jadi, mungkin sedikit tips ini bisa membantu para pengusaha restoran / kafe / foodcourt dan bisnis consumer good lainnya di Indonesia untuk melakukan promo / memanggil banyak orang untuk datang ke usaha anda. (again, banyak pengunjung seharusnya menghasilkan banyak profit, jadi, tinggal bagaimana anda menguangkan / me-monetize strategi ini)

1. Free Koneksi Tethering / WIFI + Charging Point

Saya berasumsi bahwa teman - teman pengusaha melakukan promosi, setting campaign / iklan via media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram (karena saya sedikit mengerti bagaimana berpromosi melalui platform ini secara gratis alias low budget). Via media sosial yang berarti seseorang sudah pasti menggunakan internet untuk melihat iklan anda.

Dengan demikian, akses internet dan daya listrik sudah menjadi kebutuhan bagi gamer dan pengguna smartphone lainnya. Sehingga, anda perlu mencantumkan label ini pada iklan anda.

Lagipula, siapa sih (orang indonesia) yang ga suka gratisan ?

Ekspektasi : promo ini memastikan bahwa setiap pengunjung restoran dapat berpartisipasi dalam promo atau event, serta dapat berjelajah internet ria tanpa harus khawatir kehabisan kuota.

2. Free Lure Module


Bagi teman - teman yang sudah bermain Pokemon Go, mungkin sudah paham dengan sebuah item yang namanya Lure Module. Namun saya akan menjelaskan kegunaan item yang luar biasa ini

Lure Module merupakan sebuah item dalam Pokemon GO yang dapat memanggil pokemon datang ke sebuah Pokestop selama 30 menit. Pokestop merupakan sebuah pemberhentian yang telah ditandai oleh Pokemon GO. Jika seseorang berhenti di pokestop, ia dapat menerima item yang telah ditentukan oleh Pokemon GO secara gratis.

Jika restoran / kafe anda ditentukan sebagai Pokestop, maka ini merupakan keberuntungan yang luar biasa bagi (bisnis) anda.

Dengan menggunakan Lure Module, item tersebut akan memunculkan banyak Pokemon disekitar Pokestop, dan item ini dapat memanggil banyak gamer pokemon untuk datang ke restoran / kafe anda dan mulai bermain. 



Gamer tersebut akan bermain untuk waktu yang lama, sehingga tanpa sadar mereka akan mulai lapar dan haus. Anda dapat menawarkan beragam promo / bundling terkait makanan / minuman yang anda jual.

Ekspektasi : Promo ini akan "memanggil" banyak gamer untuk meramaikan kafe / restoran anda.

3. Mengadakan event "Beat the Gym"

Sebenarnya mode game One Last Stand seperti ini sudah cukup sering digunakan dalam game RPG. Namun pada artikel ini saya mengusulkan bagi pengusaha resto / kafe untuk mengadakan event "Beat the Gym" yang penuh tantangan ini.

Secara sederhana, "Beat the Gym" bertujuan untuk mencari gamer terkuat yang dapat bertahan menduduki dan mengakuisisi gym dalam waktu tertentu. Jangan bagi lupa bagi pengusaha resto / kafe untuk menerapkan biaya pendaftaran layaknya berpartisipasi dalam turnamen game pada umumnya.

Gym merupakan sebuah benteng, dimana setiap gamer yang berhasil menaklukan benteng tersebut, akan menjadi pemilik dari Gym tersebut. Event "Beat the Gym" ini akan memaksa gamer untuk menjadi gamer terkuat dan tak terkalahkan dalam mengakuisisi dan menduduki Gym. Jangan lupa sebagai pengusaha, anda dapat menyediakan hadiah menarik untuk memancing semakin banyak gamer berpartisipasi dalam event ini.

Ekspektasi : Gamer akan merasa tertantang dan untuk ikutan event ini.

4. Promo Selfie, Wefie, Groufie dan semacamnya.


Di era digital dan teknologi seperti sekarang, pemandangan sekelompok orang dengan smartphone di tangan seraya berfoto dan mengabadikan momen kebersamaan, dapat dimanfaatkan sebagai ajang promo. Misalnya dengan ketentuan dibawah ini :

Dapatkan diskon 15% untuk setiap pembelian seafood bagi anda yang melakukan selfie / groufie / wefie beserta Pokemon air di dalam restoran / kafe. Foto tersebut wajib diupload ke twitter / Instagram dengan mention akun Twitter / Instagram kafe atau restoran beserta hashtag tertentu dan location kafe atau restoran.

agak ribet yah ? bodoamet, nilai diskonnya juga lumayan kok.

Ekspektasi : promo ini akan meramaikan dan memperkenalkan brand anda di seluruh jagat media sosial.



Nah, demikian tips mendayagunakan game Pokemon Go yang sedang trending dan ramai dibahas ini sebagai media promosi bisnis anda.

Selamat mencoba,

Komentar

Posting Komentar

Berikan komentar :

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial. Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam . Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet  secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet  secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter Tentukan keyword dan query pada twitter Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan. Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun deng

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~ Instagram ~ Instagram all the way~ Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian. Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post. Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari. Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post. Men