Langsung ke konten utama

Tips Membuat Password yang Kuat dan Aman

Kita sering mendengar bahwa banyak hacker yang meretas password banyak akun e-mail maupun media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Bahkan beberapa waktu terakhir terdengar kabar bahwa akun media sosial milik petinggi Facebook, Mark Zuckerberg, diretas oleh hacker. Pertanyaannya, mengapa akun media sosial bisa diambil oleh orang lain dengan udah? Alasannya karena akun e-mail maupun akun media sosial tersebut tidak dilindungi dengan kata sandi atau password yang kuat, sehingga mudah dibajak oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.


Sebagai orang yang aktif di e-mail maupun media sosial, Anda harus memiliki kata sandi yang kuat. Kita tidak pernah tahu kan jika ada pihak lain yang berniat buruk kepada kita? Mungkin saja ada orang iseng, namun bisa juga ada orang yang memang berniat jahat kepada Anda. Kehilangan akun bisa menjadi malapetaka bagi Anda. Terlebih lagi jika si pembajak menggunakan akun kita untuk hal-hal yang dapat merusak citra diri Anda.  Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus bisa membuat password yang kuat. Banyak yang mengatakan bahwa semakin panjang dan semakin bervariasi sebuah password, maka akan semakin kuat password tersebut untuk melindungi akun Anda. Berikut ini merupakan beberapa tips membuat password yang kuat dan aman.


Jangan memakai password yang telah umum

Sebaiknya jangan pernah menggunakan password yang sangat mudah ditebak oleh orang lain. Memang hal ini akan memudahkan Anda untuk mengingat. Tapi tentu saja rentan diambil alih orang lain. Jika password Anda rumit, Anda bisa menyimpannya pada aplikasi khusus penyimpan password, salah satunya SaveWallet. Beberapa contoh password yang mudah ditebak antara lain password, 123456789, nama Anda, tanggal lahir Anda, dan masih banyak lainnya. Apabila Anda masih menggunakan password seperti ini, sebaiknya segera ganti dengan password yang lebih sulit.

Menggunakan angka dan simbol yang unik

Untuk menciptakan password yang unik dan kuat, Anda bisa menggabungkan angka dan simbol yang unik. Padukan keduanya agar semakin sulit ditebak. Memang gabungan simbol-simbol ini terlihat cukup sederhana, namun password sejenis ini lebih kuat jika dibandingkan dengan password yang telah umum dan banyak digunakan seperti beberapa contoh di atas. Biasanya password sejenis ini akan sulit ditebak oleh orang lain karena variasinya yang rumit. Contoh: P4caRko3_gant3ng (pacarku ganteng). Memang jika dilihat sepintas seperti bahasa ‘alay’, namun password seperti ini lah yang paling aman dan sulit dipecahkan oleh pencuri. Namun walaupun password tersebut merupakan konbinasi dari angka dan simbol yang unik, Anda harus tetap membuat password tersebut memiliki arti agar mudah untuk mengingatnya.

Menggunakan password yang berbeda-beda pada setiap akun

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah membuat password yang berbeda-beda untuk setiap akun e-mail maupun media sosial. Mengapa hal ini penting diperhatikan? Hal ini bertujuan sebagai upaya pencegahan peretasan secara massal pada akun media sosial Anda. Misalnya saja password akun Facebook Anda telah diketahui oleh si pencuri, maka ada kemungkinan ia akan meretas media sosial milik Anda lainnya yang memiliki password sama. Bahaya kan?


Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk membuat kata sandi atau passwod yang unik dan kuat. Jangan pernah menyepelekkan sebuah password. Anda membuat password tersebut mudah bagi diri Anda sendiri, namun Anda tidak menyadari bahwa hal tersebut juga mempermudah orang lain untuk membobol akun Anda. 

Komentar

  1. klo aku password dibuat tipenya sama tapi isinya beda biar gampang diingat,

    contohnya: {NAMA-KOTA}___{NAMA-BUAH} = j4kArt4___s3m4N6k4,

    klo masih bisa dibobol pakai brute force kayaknya kok kebangetan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, format yang kakak sebutkan sudah sempurna untuk membentuk sebuah password, namun bagi saya akan sulit mengingat format seperti itu seperti kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, simbol, dan lain sebagainya.

      terima kasih sudah mampir

      Hapus

Posting Komentar

Berikan komentar :

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak.


1. Menggunakan aplikasi Line messenger

Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah

Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya.

Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger.

2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger


Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message.

Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti gambar dibawah :

Sebelumny…

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~
Instagram ~
Instagram all the way~


Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian.

Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post.

Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari.Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post.

Mengapa top post begitu pent…

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.
Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with TwitterTentukan keyword dan query pada twitterKonfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.
Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pad…