Langsung ke konten utama

Ini cara berjualan secara online dengan budget terbatas

Siapa sih yang tidak ingin mendulang mendulang rupiah dari rumah tanpa perlu harus bermacet ria dan membuang tenaga ?

Hmm, saya rasa semua orang ingin melakukannya, terutama rekan - rekan yang berjiwa wirausaha.


Pengusaha sudah sewajarnya menekan biaya dan mendapatkan keuntungan maksimum. Namun, di era digital seperti ini, ada baiknya pengusaha untuk mendayagunakan segala macam teknologi yang ada dalam operasional bisnis mereka.

Saya berasumsi pengusaha memiliki budget terbatas, sehingga ini beberapa tips yang bisa saya anjurkan untuk berjualan secara online.

Apakah bisnis saya membutuhkan website ? 

Vendor yang menjual jasa membuat website semakin bermunculan. Mulai dari jasa membuat company profile, hingga E-Commerce yang terintegrasi dengan Payment Gateway, bermunculan. Bervariasi harga ditawarkan, mulai dari yang ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Namun, saya sering menanyakan ini kepada rekan yang ingin membuat website kepada saya :

Emang website sebegitu penting, yah ? 


Sebelum anda membuang uang anda yang telah didapat dengan susah payah untuk membuat website, berikut adalah hal yang perlu anda pertimbangkan jika ingin membuat website :

  • Domain (setiap 1 tahun sekali)
  • Hosting (setiap 1 tahun sekali)
  • Jasa setup + instalasi + konfigurasi Website (saat dibutuhkan)
  • Maintenance (secara periode tertentu)
  • Search Engine Optimization (secara periode tertentu)

Saya tidak bilang bahwa website itu tidak penting. Menurut saya, yang paling penting ialah bagaimana ketika konsumen mencari sebuah produk yang diinginkan, toko kita muncul di pencarian sehingga konsumen tersebut berbelanja di toko kita.

Berikut adalah solusi yang saya sarankan

Mendayagunakan marketplace sebagai partner bisnis anda


Kaskus FJB merupakan salah satu marketplace, termasuk Tokopedia, OLX, Bukalapak, dan masih banyak lagi Marketplace lainnya.

Mengapa marketplace ? 


Dengan mengandalkan Marketplace, anda dapat mendaftarkan produk anda serta berjualan secara gratis, dan membiarkan pemilik Marketplace tersebut untuk mengerjakan administrasi website seperti:

  • Memperpanjang Domain + Hosting
  • Troubleshoot jika sewaktu - waktu website bermasalah
  • Mengoptimasi pencarian Search Engine (SEO)

Sehingga barang dagangan anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian tanpa perlu anda memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengelola website. Anda hanya perlu berkonsentrasi bagaimana menjual dagangan anda secara cepat serta fokus pada Supply Chain produk anda.


Mendayagunakan media sosial sebagai media komunikasi anda dengan pelanggan



Menurut saya, feedback pelanggan juga penting dalam membesarkan sebuah bisnis. Keluhan konsumen biasanya berasal dari pelanggan loyal yang setia bertransaksi dengan bisnis anda. Mereka sebenarnya bisa saja dengan mudah meninggalkan toko anda dan beralih ke toko lain, Tentu anda tidak mau ini terjadi, bukan ? 

Dengan mendayagunakan media sosial sebagai media komunikasi, diharapkan anda dapat mengetahui user experience saat sedang berbelanja di toko anda. Anda akan mendapat banyak masukkan berharga dari media ini terkait bisnis anda. Mulai dari response time, packaging, delivery order, dan lain sebagainya akan memaksa anda untuk terus berkembang memperbaiki kualitas pelayanan anda.

Dengan media komunikasi ini pula, anda dapat menjadikan akun media sosial anda sebagai wadah testimonial pelanggan. Dengan demikian, setiap konsumen baru yang hendak berbelanja dapat melihat kualitas bisnis anda, kepercayaan serta hubungan baik yang terjalin antara konsumen dengan penjual, akan membuat konsumen baru untuk memutuskan untuk bertransaksi dengan toko anda. Kepuasan pelanggan adalah kuncinya. Pelanggan yang terpuaskan akan membagikan pengalaman menyenangkan mereka berbelanja di toko anda kepada rekan, kerabat, dan jaringan mereka.


Biaya yang dikeluarkan untuk effort diatas nyaris 0 Rupiah alias gratis. Untuk perangkat pun, mungkin anda hanya membutuhkan sebuah laptop ditambah Smartphone dan koneksi internet sebagai amunisi operasional anda. Namun akan dibutuhkan banyak sekali waktu dan tenaga untuk mengerjakan dan mengelola semuanya, dari hari ke hari. 

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak.


1. Menggunakan aplikasi Line messenger

Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah

Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya.

Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger.

2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger


Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message.

Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti gambar dibawah :

Sebelumny…

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~
Instagram ~
Instagram all the way~


Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian.

Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post.

Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari.Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post.

Mengapa top post begitu pent…

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.
Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with TwitterTentukan keyword dan query pada twitterKonfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.
Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pad…