Siapa sih yang tidak ingin mendulang mendulang rupiah dari rumah tanpa perlu harus bermacet ria dan membuang tenaga ?
Hmm, saya rasa semua orang ingin melakukannya, terutama rekan - rekan yang berjiwa wirausaha.
Pengusaha sudah sewajarnya menekan biaya dan mendapatkan keuntungan maksimum. Namun, di era digital seperti ini, ada baiknya pengusaha untuk mendayagunakan segala macam teknologi yang ada dalam operasional bisnis mereka.
Saya berasumsi pengusaha memiliki budget terbatas, sehingga ini beberapa tips yang bisa saya anjurkan untuk berjualan secara online.
Apakah bisnis saya membutuhkan website ?
Vendor yang menjual jasa membuat website semakin bermunculan. Mulai dari jasa membuat company profile, hingga E-Commerce yang terintegrasi dengan Payment Gateway, bermunculan. Bervariasi harga ditawarkan, mulai dari yang ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Namun, saya sering menanyakan ini kepada rekan yang ingin membuat website kepada saya :
Sebelum anda membuang uang anda yang telah didapat dengan susah payah untuk membuat website, berikut adalah hal yang perlu anda pertimbangkan jika ingin membuat website :
Saya tidak bilang bahwa website itu tidak penting. Menurut saya, yang paling penting ialah bagaimana ketika konsumen mencari sebuah produk yang diinginkan, toko kita muncul di pencarian sehingga konsumen tersebut berbelanja di toko kita.
Dengan mengandalkan Marketplace, anda dapat mendaftarkan produk anda serta berjualan secara gratis, dan membiarkan pemilik Marketplace tersebut untuk mengerjakan administrasi website seperti:
Sehingga barang dagangan anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian tanpa perlu anda memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengelola website. Anda hanya perlu berkonsentrasi bagaimana menjual dagangan anda secara cepat serta fokus pada Supply Chain produk anda.
Hmm, saya rasa semua orang ingin melakukannya, terutama rekan - rekan yang berjiwa wirausaha.
Pengusaha sudah sewajarnya menekan biaya dan mendapatkan keuntungan maksimum. Namun, di era digital seperti ini, ada baiknya pengusaha untuk mendayagunakan segala macam teknologi yang ada dalam operasional bisnis mereka.
Saya berasumsi pengusaha memiliki budget terbatas, sehingga ini beberapa tips yang bisa saya anjurkan untuk berjualan secara online.
Apakah bisnis saya membutuhkan website ?
Vendor yang menjual jasa membuat website semakin bermunculan. Mulai dari jasa membuat company profile, hingga E-Commerce yang terintegrasi dengan Payment Gateway, bermunculan. Bervariasi harga ditawarkan, mulai dari yang ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Namun, saya sering menanyakan ini kepada rekan yang ingin membuat website kepada saya :
Emang website sebegitu penting, yah ?
- Domain (setiap 1 tahun sekali)
- Hosting (setiap 1 tahun sekali)
- Jasa setup + instalasi + konfigurasi Website (saat dibutuhkan)
- Maintenance (secara periode tertentu)
- Search Engine Optimization (secara periode tertentu)
Saya tidak bilang bahwa website itu tidak penting. Menurut saya, yang paling penting ialah bagaimana ketika konsumen mencari sebuah produk yang diinginkan, toko kita muncul di pencarian sehingga konsumen tersebut berbelanja di toko kita.
Berikut adalah solusi yang saya sarankan
Mendayagunakan marketplace sebagai partner bisnis anda
Kaskus FJB merupakan salah satu marketplace, termasuk Tokopedia, OLX, Bukalapak, dan masih banyak lagi Marketplace lainnya.
Mengapa marketplace ?
Dengan mengandalkan Marketplace, anda dapat mendaftarkan produk anda serta berjualan secara gratis, dan membiarkan pemilik Marketplace tersebut untuk mengerjakan administrasi website seperti:
- Memperpanjang Domain + Hosting
- Troubleshoot jika sewaktu - waktu website bermasalah
- Mengoptimasi pencarian Search Engine (SEO)
Sehingga barang dagangan anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian tanpa perlu anda memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengelola website. Anda hanya perlu berkonsentrasi bagaimana menjual dagangan anda secara cepat serta fokus pada Supply Chain produk anda.
Mendayagunakan media sosial sebagai media komunikasi anda dengan pelanggan
Menurut saya, feedback pelanggan juga penting dalam membesarkan sebuah bisnis. Keluhan konsumen biasanya berasal dari pelanggan loyal yang setia bertransaksi dengan bisnis anda. Mereka sebenarnya bisa saja dengan mudah meninggalkan toko anda dan beralih ke toko lain, Tentu anda tidak mau ini terjadi, bukan ?
Dengan mendayagunakan media sosial sebagai media komunikasi, diharapkan anda dapat mengetahui user experience saat sedang berbelanja di toko anda. Anda akan mendapat banyak masukkan berharga dari media ini terkait bisnis anda. Mulai dari response time, packaging, delivery order, dan lain sebagainya akan memaksa anda untuk terus berkembang memperbaiki kualitas pelayanan anda.
Dengan media komunikasi ini pula, anda dapat menjadikan akun media sosial anda sebagai wadah testimonial pelanggan. Dengan demikian, setiap konsumen baru yang hendak berbelanja dapat melihat kualitas bisnis anda, kepercayaan serta hubungan baik yang terjalin antara konsumen dengan penjual, akan membuat konsumen baru untuk memutuskan untuk bertransaksi dengan toko anda. Kepuasan pelanggan adalah kuncinya. Pelanggan yang terpuaskan akan membagikan pengalaman menyenangkan mereka berbelanja di toko anda kepada rekan, kerabat, dan jaringan mereka.
Biaya yang dikeluarkan untuk effort diatas nyaris 0 Rupiah alias gratis. Untuk perangkat pun, mungkin anda hanya membutuhkan sebuah laptop ditambah Smartphone dan koneksi internet sebagai amunisi operasional anda. Namun akan dibutuhkan banyak sekali waktu dan tenaga untuk mengerjakan dan mengelola semuanya, dari hari ke hari.
Selamat mencoba,
Komentar
Posting Komentar
Berikan komentar :