Langsung ke konten utama

Cara Mudah untuk Mengamankan Smartphone Android

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, smartphone telah menjadi sebuah perangkat yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh manusia. Ponsel pintar ini memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Bahkan smartphone juga bisa menyimpan aneka macam data pemiliknya. Namun apakah Anda pernah berpikir bahwa sebenarnya menyimpan banyak data di smartphone cukup rawan. Rawan yang maksud ialah apabila data-data tersebut diakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.


Untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan seperti itu, sebaiknya smartphone Anda diamankan. Lalu bagaimana cara mengamankannya? Anda dapat memanfaatkan sejumlah fitur pengaman pada smartphone yang bisa diaktifkan dengan mudah. Berikut ini merupakan cara-cara mudah untuk mengamankan ponsel Android yang bisa Anda coba praktekkan.


Mengaktifkan screen lock

Langkah awal yang cukup mudah ialah dengan cara mengaktifkan screen lock atau pengunci layar ponsel. Anda bisa menyelamatkan data-data yang ada dalam ponsel dengan cara yang satu ini. Bahkan bila perlu Anda menggunakan screenlock dengan pemindai sidik jari. Fitur bisa ini ditemukan di menu settings atau security. Saat ini ada malah ada beberapa smartphone yang menawarkan fitur sidik jari pada screen lock, salah satunya ialah Xiaomi Redmi Note 3.

Melakukan backup data penting

Backup data memang wajib dilakukan untuk mencegah kehilangan file-file penting yang ada di smartphone Android. Anda bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu copy paste di komputer atau laptop. Namun bisa juga melakukan back up data di cloud seperti Dropbox, Google Docs, dan masih banyak lainnya. Beberapa cloud penyimpanan memang masih banyak gratis dengan kapasitas tertentu. Jumlah kapasitas yang disediakan juga tergolong lumayan besar. Apabila dirasa kurang besar, Anda bisa mengubah layanannya menjadi premium dan membayar biaya yang telah ditentukan.

Menyalakan Android Device Manager

Fungsi dari Android Device Manager adalah dapat digunakan untuk melacak posisi perangkat yang hilang, kemudian menghapus data-data di dalamnya agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Anda bisa mengaktifkannya dengan cara membuka aplikasi Google Settings. Pastikan location services perangkat Anda dinyalakan dengan mengunjungi aplikasi Settings > Location.

Menyalakan enkripsi ponsel

Enkripsi “mengunci” data yang tersimpan di ponsel apabila perangkat hilang. Fitur ini bisa diaktifkan di perangkat yang menjalankan Android 4.1 Jelly Bean atau yang lebih baru dengan cara membuka aplikasi Settings > Security > Encript Phone. Enkripsi juga bisa diterapkan sebelum melakukan Factory Wipe (misalnya saat ingin menjual perangkat) untuk memastikan data di ponsel benar-benar tidak bisa diakses lagi.

Menambahkan informasi pengguna pada layar

Informasi pribadi seperti alamat e-mail atau nomer telepon yang bisa dihubungi dapat Anda tampilkan pada lockscreen. Hal ini penting dilakukan untuk berjaga-jaga jika ponsel tersebut hilang, kemudian ada orang yang ingin berniat baik untuk mengembalikan. Daripada mereka bingung dan terlanjur melakukan setelan pabrik, lebih baik Anda berjaga-jaga dengan menuliskan informasi penting tersebut.

Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan untuk mengamankan smartphone Android Anda dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Cukup mudah kan? Anda harus tetap waspada saat menggunakan smartphone Android. Anda tidak akan pernah tahu hal-hal apa yang akan terjadi di hari esok. Jangan pernah meremehkan data apapun. Memperketat keamanan sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  Selamat mencoba!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak.


1. Menggunakan aplikasi Line messenger

Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah

Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya.

Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger.

2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger


Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message.

Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti gambar dibawah :

Sebelumny…

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~
Instagram ~
Instagram all the way~


Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian.

Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post.

Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari.Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post.

Mengapa top post begitu pent…

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.
Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with TwitterTentukan keyword dan query pada twitterKonfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.
Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pad…