Langsung ke konten utama

5 Hal yang Dapat Diukur Oleh Google Analytics

Produk-produk milik Google memang banyak memberikan kontribusi bagi sebuah bisnis. Mulai dari mesin pencari Google, Gmail, YouTube, hingga Google Analytics. Berbicara mengenai Google Analytics, produk yang satu ini memang memiliki manfaat sangat besar bagi perkembangan sebuah website. Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa memantau bagaimana perkembangan website yang kita miliki. Lalu apa saja yang bisa dipantau serta diukur oleh Google Analytics?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat diukur menggunakan Google Analytics.


1. Perfoma pada online campaign

Untuk meningkatkan sebuah bisnis online, sudah sewajarnya Anda membuat sebuah campaign online. Setelah membuat, tentu saja Anda harus mengukur apakah campaign tersebut berhasil atau tidak.  Anda bisa mengetahui perfoma campaign tersebut menggunakan Google Analytics. Anda bisa melihat iklan mana saja yang berhasil membawa trafik bagi website Anda, sebaliknya Anda juga dapat mengetahui iklan yang dirasa tidak berhasil membawa trafik.


2. Karakteristik pengunjung

Selain mengetahui perfoma online campaign, Anda juga perlu mengetahui bagaimana karakteristik konsumen yang mengunjungi website bisnis Anda. Tujuannya untuk apa? Tentu agar Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai para pengunjung. Setelah mengetahui karakteristik mereka, Anda bisa menjual produk maupun memunculkan beragam informasi yang memang disukai oleh mereka. Target pasarnya pun akan semakin jelas. Google Analytics dapat mengetahui beberapa karakteristik pengunjung, antara lain bahasa yang dipakai, penggunaan browser, lokasi pengunjung, penggunaan mobile device, hingga kebiasaan para pengunjung saat berkunjung.


3. Sumber kunjungan

Trafik pengunjung yang tinggi tentu akan memengaruhi kesuskesan sebuah bisnis online. Saat mendaftarkan sebuah website pada Google Analytics, secara otomatis Anda bisa ikut memantau traffic source website tersebut. Sumber kunjungan dari mana saja memang sangat penting diketahui. Sumber trafik pada website dibagi menjadi beberapa bagian, meliputi”
- Search, yaitu trafik yang didapat berasal dari pencarian mesin pencari, misalnya Google, Yahoo, atau Bing.
- Campaign, yaitu tarfik yang berasal dari campaign di Google AdWords.
- Direct, yaitu trafik dari url website yang dituliskan oleh pengunjung secara langsung pada browser.
- Referrals, yaitu trafik yang berasal dari iklan berbentuk banner.

4. Mengetahui konten yang berpengaruh

Sebuah konten yang berada di website akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan website tersebut. Bisa dibilang content is the king. Kita bisa mengetahui konten apa saja yang paling banyak dicari dan diklik oleh pengunjung. Setelah mengetahui, Anda bisa merencanakan untuk membuat konten relatif yang menarik dan banyak dicari oleh pengunjung.

5. Mengetahui trafik dari media sosial

Tidak lengkap rasanya jika sebuah bisnis tidak memanfaatkan media sosial. Google Analytics bisa dimanfaatkan untuk melihat jumlah trafik ke website yang dihasilkan oleh masing-masing media sosial, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan lainnya. Bahkan Google Analytics juga dapat melihat page apa saja yang paling banyak dikunjungi dari media sosial. Setelah mengetahui media sosial mana saja yang banyak menghasilkan trafik, Anda bisa menyusun strategi untuk peningkatan kualitas postingan yang ada di sana. Sebaliknya untuk media sosial yang masih minim menghasilkan trafik juga perlu dibenahi.

Selain beberapa hal di atas, Google Analytics juga dapat mengukur jumlah share di media sosial, jumlah e-mail subscription, hingga mengukur SEO. Bahkan SEO yang diukur juga detail hingga keyword apa saja yang banyak dicari oleh pengunjung. Setelah mengetahui hal-hal yang dapat diukur oleh Google Analytics, apakah Anda masih ragu menggunakannya?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial. Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam . Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet  secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet  secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter Tentukan keyword dan query pada twitter Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan. Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun deng

Alasan kuat mengapa HRD harus bekerjasama dengan dunia digital

Dunia konvensional sudah bertransformasi menjadi dunia digital. Ketika beberapa tahun silam, saya masih ingat membuat email pertama saya menggunakan Yahoo, dan dengan sombong mengajari teman - teman lainnya untuk menggunakan friendster, bermain dengan HTML dan CSS serta MySpace dan Reverbnation. Kini semuanya berubah. Kehadiran Smartphone dengan sistem operasi Android yang didukung oleh raksasa Google, membuat semuanya berubah. Saya ingat pertama kali ayah saya menggunakan fasilitas 3G untuk melakukan Video Call secara realtime, ia pun dadah-dadah di  hadapan kamera depan Nokia 6680. Kemudian ia pun berceloteh Ini aneh, kita bakal nemuin banyak orang ngomong sendiri di depan handphone. Di dunia digital seperti sekarang, Video Call bisa dilakukan dengan mudah. Melakukan transmisi data berupa teks, audio ( voice message ), dan video ( video call, conference call ) serta berkirim-menerima file bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan di era digital seperti sekarang. Baik t