Langsung ke konten utama

Membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan


Bagi sebagian pengguna (termasuk saya), fitur read receipt (2 buah tanda centang berwarna biru) yang ditawarkan oleh Whatsapp bisa jadi sangat mengganggu dan ingin sesekali dimatikan. Oleh karena itu, saya pun penasaran dan mencari cara bagaimana caranya membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan.

Flow aplikasi Whatsapp Messenger:
Case dibawah ini terjadi dengan asumsi smartphone pengirim dan penerima saling terhubung dalam jaringan internet, dapat melakukan transmisi data secara normal.

Ketika pengirim mengirimkan chat Whatsapp, aplikasi Whatsapp pengirim akan mengirimkan teks pesan melalui jaringan internet, menuju server Whatsapp. Apabila pesan ini berhasil diterima oleh server Whatsapp, maka pada smartphone pengguna akan muncul 1 buah tanda ceklis sebagai tanda teks (sent)tersebut telah berhasil dikirim oleh smartphone pengirim.

Saat Whatsapp penerima menerima pesan teks yang dikirim oleh pengirim, aplikasi tersebut akan mengirimkan notifikasi kepada server Whatsapp yang kemudian akan diteruskan kepada penerima berupa 2 buah tanda ceklis (delivered), menandakan bahwa pesan tersebut telah diterima oleh pengirim.

Ketika pesan tersebut dibuka / dibaca oleh penerima, hal ini akan mengaktifkan trigger dalam aplikasi Whatsapp penerima untuk mengirimkan notifikasi kembali kepada server Whatsapp yang kemudian akan diteruskan kepada penerima berupa 2 buah tanda ceklis berwarna biru (read receipt), menandakan bahwa pesan tersebut telah dibaca oleh penerima.
Kemudian saya membuat riset kecil tentang bagaimana membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan, dan ini cara yang saya temukan.

1. Mematikan paket internet


Anda dapat mematikan mobile data dan WIFI anda dengan tujuan agar smartphone anda tidak dapat mengirim notifikasi apapun ke server Whatsapp, sehingga pengirim tidak dapat mengetahui apakah pesan telah dibaca atau belum. Selanjutnya, anda dapat membaca pesan Whatsapp yang diterima dengan leluasa.

Kelemahan cara ini ialah, Whatsapp akan segera mengirimkan notifikasi apabila smartphone anda terhubung dengan mobile data dan WIFI.

2. Menggunakan swipe down menu


Anda dapat membaca pesan Whatsapp tanpa ketahuan melalui menu swipe down. Namun, anda hanya mampu membaca 5 pesan baris maksimal. Apabila anda menerima 6 baris pesan, maka anda hanya dapat membaca pesan baris kedua hingga baris keenam.

3. Melakukan clear data Whatsapp



Cara yang terakhir adalah dengan melakukan clear data. Ketika anda menerima pesan Whatsapp, matikan jaringan anda (WIFI dan Mobile data) , kemudian baca seluruh pesan diterima. Setelah itu, anda dapat melakukan clear data Whatsapp. Kemudian anda dapat menyalakan jaringan anda (WIFI dan mobile data) dan melakukan konfigurasi ulang akun Whatsapp anda.



Hal ini bertujuan agar Whatsapp menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori smartphone anda, termasuk trigger yang menandakan bahwa anda telah membaca pesan. Namun, data yang tersimpan pada memori gagal terkirim lantaran Whatsapp gagal melakukan transmisi data.

Jika anda melakukan clear data, Whatsapp akan meminta anda melakukan konfigurasi dan verivikasi ulang nomor handphone anda. Jika anda memiliki backup message, anda dapat merestore message tersebut tanpa harus kehilangan pesan histori anda.

Nah, cara ini dapat anda gunakan untuk mengelabui lawan bicara anda dengan “melumpuhkan” fitur read receipt aplikasi Whatsapp anda untuk sementara waktu.

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam

Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial. Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam . Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet  secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet  secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah : Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter Tentukan keyword dan query pada twitter Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan. Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun deng

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~ Instagram ~ Instagram all the way~ Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian. Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post. Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari. Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post. Men